Apa Itu Metaverse dan Bagaimana Cara Kerjanya?


www.oka.my.id Sebuah situs yang di bangun secara gratis, yang menyajikan seputar mata uang kripto (cryptocurrency), dari mulai sejarah, panduan, bermain mining, investasi maupun trading forex dengan mata uang kripto, dan saat ini Anda sedang membuka halaman Apa Itu Metaverse dan Bagaimana Cara Kerjanya?, Semoga setelah Anda membacanya dapat membantu dan bermanfaat, Terimakasih!!

1. BNB FAUCOIN - GET 10000 BNB free!

Link : BNB FAUCOIN - GET 10000 free!

Misi : The mission is to just open the site every 1 hour, to claim BNB for free, by pressing ROLL according to the instructions listed on the site, if you are lucky you will get 10000 BNB randomly, so often you open it every 1 hour so that you get lucky 10000 BNB for free.

2. PRO MINING CRYPTOCURRENCY

Link : PRO MINING CRYPTOCURRENCY

Misi : This cryptocurrency mining site you only need to register for free, after you register, let the system work by itself to mine coins.

Here you can mine: Bitcoin (BTC), Dogecoin (DOGE), Tron (TRX), Litecoin (LTC), for free running itself.

You need to remember, on this site there is another mission, namely a claim mission every 1 hour, so don't miss it, once every 1 hour you open the site then open the tab on the left, and click the claim button then you can claim 4 cryptocurrencies for free!

3. xFaucet - Claim every 10 minutes

Link : xFaucet - Claim every 10 minutes

Misi : On this 3rd mining site, the same as the others, namely first you are required to register, after successful registration, your task is very easy, which is just to claim every 10 minutes.

On this site, what you can claim is: Bitcoin, Dogecoin, Stellar, Bitcoin Cash, Dash, Binance Coin, Ethereum, Litecoin, Ripple, Tron, all of which you can claim for FREE!!

Investment Ivans Contract site

Link : Investment Site

Misi : On this ivan contract site, it's not complicated, you only need to register first using an active email, after successful registration, you just do the missions easily, such as sharing to facebook, wahtsapp, following the official ivan contract account, sharing to youtube, share with friends (using referral links), etc., each mission is rewarded from 1000-2000 and even 3000!

Not only that! at the time of initial registration you will be given a balance of 105, of which 100,000 balances will automatically be used as investment capital for 2 months with an income of 196,000, and of which 5000 will be stored in your main balance! if you want to get more, you just share your referral link with your friends, you will be rewarded with 1000/1 friends!.



Baca Juga



www.oka.my.idApa Itu Metaverse dan Bagaimana Cara Kerjanya? — Sebelum memulai ke inti pembahasan mengenai Metaverse, ada sedikit pertanyaan mengenai soal WhatsApp, yang dimana setelah di update pada awal di buka menampilkan tulisan From Meta yang biasanya From Facebook.

Yang pada akhirnya beberapa teman merasa ragu untuk menggunakan WhatsApp lagi, di karenakan tampilannya yang tidak biasa itu.
Nah, bagi kalian yang merasa ragu maupun yang belum tahu apa itu Meta atau Metaverse, simak ulasan lengkap nya dibawah ini.

Apa itu Metaverse?

Salah satu platform media sosial yang paling terkenal di jagat raya internet, yaitu Facebook, telah melakukan rebranding untuk memberi sinyal dan merangkul ide-ide futuristik dengan mengangkat istilah metaverse.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaannya menjadi Meta Platforms Inc., atau disingkat Meta pada Kamis (28/10/2021).
Metaverse sendiri sulit untuk dijelaskan karena belum tentu akan ada. Namun, mengingat hampir berjumlah tiga miliar orang yang menggunakan Facebook setiap bulannya, Mark Zuckerberg akhirnya mengungkapkan saran tentang perubahan arah yang patut diperhatikan.

Istilah metaverse bukan merupakan hal baru. Ide metaverse ini berguna dan memiliki kemungkinan akan bersama kita untuk beberapa waktu. Konsep metaverse sangat layak dipahami, apalagi jika Anda kritis terhadap masa depan.

Mengenal Istilah Metaverse

Sebenarnya, orang pertama yang terkenal telah menciptakan istilah metaverse adalah Neal Stephenson. Ia menyebutkan istilah tersebut pada novelnya di tahun 1992 yang berjudul Snow Crash. Istilah metaverse merujuk pada dunia virtual 3D yang dihuni oleh avatar orang sungguhan.
Istilah ini tidak memiliki definisi yang bisa diterima secara universal. Anggap saja metaverse adalah internet yang diberikan dalam bentuk 3D. Zuckerberg menggambarkan metaverse sebagai lingkungan virtual yang bisa Anda masuki, alih-alih hanya melihat layar.

Jika dipersingkat, ini adalah dunia komunitas virtual tanpa akhir yang saling terhubung. Di mana, orang-orang dapat bekerja, bertemu, bermain dengan menggunakan headset realitas virtual, kacamata augmented reality, aplikasi smartphone dan atau perangkat lainnya.

Gambaran sederhana yang diungkapkan oleh Facebook tentang metaverse adalah sebuah seperangkat ruang virtual, tempat seseorang dapat membuat dan menjelajah dengan pengguna internet lainnya yang tidak berada pada ruang fisik yang sama dengan orang tersebut.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Metaverse

Adanya metaverse, memungkinkan Anda untuk melakukan hal-hal seperti pergi ke konser virtual, melakukan perjalanan online, membuat atau melihat karya seni dan mencoba pakaian digital untuk dibeli.

Metaverse bisa menjadi game-changer untuk sistem shift kerja dari rumah atau work from home di tengah kondisi pandemi Covid-19. Alih-alih hanya dapat melihat rekan kerja di kotak panggilan video seperti aplikasi video conference, karyawan bisa bergabung bersama di kantor virtual.

Facebook sendiri telah meluncurkan software meeting untuk perusahaannya yang disebut Horizon Workrooms dan digunakan dengan headset Oculus VR-nya. Headset yang berharga USD 300 lebih ini membuat pengalaman metaverse paling mutakhir di luar jangkauan orang-orang.

Menurut Zuckerberg, banyak pengalaman metaverse yang akan hadir di sekitar untuk menciptakan kemampuan berteleportasi dari satu pengalaman ke pengalaman lainnya. Perusahaan-perusahaan teknologi harus mencari cara untuk bisa menghubungkan platform online mereka satu sama lainnya.

Apakah Metaverse Hanya Untuk Facebook?

Beberapa perusahaan teknologi besar seperti Microsoft dan pembuat chip Nvidia telah membicarakan metaverse. Jadi, metaverse bukan hanya sekedar proyek dari Facebook saja.

Wakil presiden platform Omniverse Nvidia, Richard Keris mengatakan bahwa ada banyak perusahaan yang membangun dunia dan lingkungan virtual di metaverse, sama dengan banyak perusahaan yang melakukan sesuatu di World Wide Web.

Richard menjelaskan, bahwa metaverse sangat penting untuk bisa diperluas, sehingga pengguna bisa berteleportasi ke dunia yang berbeda baik dari satu perusahaan atau perusahaan lain. Dengan cara yang sama, metaverse akan membuat pengguna internet dapat berpindah dari satu halaman web ke halaman web lainnya.

Selain itu, perusahaan video game di balik video game Fortnite yang populer, Epic Games, juga turut mengambil peran dan telah mengumpulkan USD 1 miliar dari investor untuk membantu rencana jangka panjang membangun metaverse.

Pemain besar lainnya adalah platform game Roblox. Dimana platform mereka telah menguraikan visinya mengenai metaverse sebagai tempat di mana orang-orang bisa berkumpul bersama dalam pengalaman 3D untuk bekerja, bermain, bersosialisasi, belajar dan berkreasi.

Merek-merek seperti rumah mode Italia Gucci juga melakukan kolaborasi dengan Roblox untuk menjual koleksi aksesoris khusus digital. Selain itu, Coca-Cola dan Clinique juga turut menjual token digital sebagai batu loncatan menuju metaverse.

Pihak Facebook memberikan pernyataan bahwa metaverse bukan produk tunggal yang hanya dapat dibangun oleh satu perusahaan saja. Melainkan, metaverse sama seperti internet, terlemas dari Facebook atau tidak, metaverse tetap ada.

Apakah Metaverse sebagai Pengganti Internet?

Mungkin kalian akan bertanya-tanya dan pernah membaca bahwa metaverse nantinya akan menggantikan internet. Apakah Facebook, Microsoft dan Disney mencoba untuk mengambil alih dunia internet melalui metaverse?

Di sebuah wawancara dengan The Verge, Zuckerberg memberikan gambaran metaverse sebagai "internet yang akan diwujudkan," yang pada dasarnya adalah versi internet yang ditingkatkan. Penggunanya dapat memiliki pengalaman berbeda yang tidak didapatkan pada aplikasi atau halaman web 2D.

Itu lah beberapa penjelasan utama mengenai metaverse. Metaverse dipercaya bisa menjadi sebuah langkah awal yang memberikan kesempatan untuk mewujudkan dunia digital agar lebih komprehensif dan inklusif. Jadi, sudah siapkah Anda hidup dengan dunia virtual?

3 Alasan Mengapa Orang Beli Properti di Metaverse

Membeli real estate atau properti virtual di metaverse belakangan jadi tren. Tentu saja, hal ini memicu pro dan kontra. Mereka yang yakin, merasa sudah melakukan riset yang cukup dan meyakni bahwa metaverse adalah masa depan.

Mereka yang masih skeptis menganggap konsep metaverse saat ini masih dalam tahap yang awal sehingga membeli properti virtual dianggap sebagai “judi” dibandingkan investasi.

Nah, berikut 3 alasan mengapa sebagian orang berani meletakkan uang mereka di properti virtual:

1. Perusahaan Besar Bergabung di Meta

Perusahaan seperti Nike dan Adidas sudah menyatakan siap masuk ke metaverse. Nike memastikan bahwa sneakers mereka tidak hanya bisa dibeli secara nyata, tapi juga di vunia virtual.

Beberapa merek fashion juga mulai menguji produk kolaborasi di metaverse. Gucci, sudah menjual versi metaverse dari tas edisi terbatas mereka di Roblox. Harga awalnya USD1.20-USD9 tapi kemudian dijual lagi seharaga USD4.100. Artinya, jual beli NFT di metaverse sudah terjadi, dan semakin membesar.

2. Pengembang beli tanah di Meta

Pengembang real estate virtual seperti Republic Realm membuat rekor dengan membeli tanah seharga USD4,3 juta di platform metaverse The Sandbox. Sebelumnya, Tokens.com juga membeli tanah seharga USD2,5 juta di Decentraland. Apa gunanya? Mereka berharap nantinya tanah tersebut akan disewa untuk dijadikan mal virtual atau properti lainnya.

3. Properti di Metaverse Bukan Hal Baru

Kendati metaverse baru populer belum lama ini, tapi properti di metaverse sendiri bukan hal baru. Ailin Graef, bergabung di game 3D Second Life dan menghabiskan dua tahun untuk membangun tanah virtual serta mengembangkan avatar disana.

Ailin Graef memiliki banyak server yang berisi tanah virtual yang disewakan. Ia bahkan membuat studio sendiri, dan memperkerjakan 80 karyawan untuk mengatur tanah-tanah virtualnya.

Dirilis pada 2003, saat ini Second Life memiliki omzet USD600 juta. USD80 juta diantaranya diberikan kepada kreator di game tersebut.

Mengenal lebih jauh aset kripto bertemakan metaverse

Seperti yang sudah diulas pada awal post, bahwa Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa Facebook Inc. berganti nama menjadi Meta. Hal ini sejalan dengan tujuannya untuk mengembangkan dunia metaverse sendiri.

Dalam dunia kripto, konsep metaverse sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru karena beberapa aset kripto memang ada yang teknologinya berfokus pada metaverse. Beberapa di antaranya adalah Decentraland (MANA), Axie Infinity (AXS), serta Sandbox (SAND).

Ketiganya sama-sama merupakan sebuah platform game virtual yang menggunakan masing-masing token dalam permainannya. Selain untuk keperluan platform, token ini juga dapat ditransaksikan pada exchange layaknya aset kripto pada umumnya.

Decentraland adalah sebuah platform game virtual yang beroperasi pada blockchain Ethereum yang memungkinkan pengguna untuk membuat, bermain, dan memonetisasi konten mereka secara terbuka. Lewat penggunaan token MANA, pengguna bisa membeli avatar, perangkat dan perlengkapan penunjang, dan fasilitas lain di dalamnya.

Sementara Axie Infinity juga mengusung konsep metaverse namun menghadirkan fitur Play to Earn (P2E). Axie Infinity merupakan game digital berbasis Non Fungible Token (NFT) yang dibuat di blockchain Ethereum. Lewat fitur P2E, pengguna bisa mendapatkan token dan keuntungan.

Lalu ada juga The SandBox yang juga mengusung konsep P2E. Namun, di SandBox, pengguna bisa menjadikan dirinya sebagai karakter dalam game, lalu melakukan kegiatan jual-beli di NFT Land. Selain itu, pengguna juga dapat membuat, membagikan, dan memonetisasi aset di Sandbox.

Pasca pengumuman Zuckerberg, harga-harga aset kripto berbasis metaverse ini melambung tinggi. CEO Triv Gabriel Rey menjelaskan, kenaikan token metaverse memang didorong oleh hype pengumuman dari Zuckerberg tersebut.

Kendati begitu, pengembangan metaverse milik Meta tidak serta merta akan membuat prospek token-token tersebut menjadi prospektif ke depannya.

Menurutnya, jika investor ingin berinvestasi secara jangka panjang pada token metaverse, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satu faktor terpenting adalah keberadaan pengguna aktif pada metaverse tersebut.

Pasalnya, pertumbuhan teknologi atau persaingan pada dunia metaverse sangat bergantung pada jumlah penggunanya. Jadi, ia menyarankan para investor untuk melihat jumlah pertumbuhan pengguna metaverse tersebut secara bulanan.

Dari sisi risiko, Gabriel mengingatkan bahwa para pengembang aset kripto metaverse ini belum punya kompetitor besar. Ia mencontohkan, untuk metaverse berbasis permainan, saat ini developer maupun publisher game besar seperti Steam, Activision, Blizzard, dsb belum merambah dunia metaverse.

Para pengembang konvensional tadi jelas lebih banyak dari sisi modal maupun user, jadi jika mereka memutuskan mengembangkan metaverse, aset kripto metaverse yang ada saat ini bisa terancam karena akan sulit bersaing,” imbuhnya.

Oleh karena itu, ia merekomendasikan investor harus benar-benar selektif dan jeli jika ingin masuk ke aset kripto berbasis metaverse. Selain jumlah pengguna, Gabriel juga menyarankan investor mencari aset kripto metaverse yang sudah punya back up kuat dari perusahaan besar guna memastikan kemampuan bersaing di masa yang akan datang.

Akhir Kata

Secara lebih jelasnya, istilah metaverse mengacu pada dunia virtual yang menyerupai kehidupan dunia nyata, dengan tanah, bangunan, avatar yang bisa dibeli dan dijual, seringkali menggunakan mata uang kripto.

Di dalam dunia ini, orang-orang dapat beraktivitas, berteman, mengunjungi tempat tertentu, membeli barang dan jasa, layaknya di kehidupan nyata.

Secara etimologis, metaverse sendiri berasal dari kata 'meta' yang bermakna 'melampaui' dan 'verse' yang berarti 'alam semesta'. Sehingga metaverse dapat diartikan sebagai sebuah ruang berisi materi yang melampaui semua hal yang terlihat di dunia ini.

Konsep metaverse pertama kali dikenalkan dalam novel Snow Crash karya Neal Stephenson di tahun 1992 yang menceritakan perjalanan metaverse sepasang kurir untuk menyelamatkan diri dari distopia kapitalis.

Sementara itu, penulis esai Matthew Ball memprediksi bahwa metaverse akan menjadi pintu gerbang yang membawa manusia merasakan berbagai pengalaman digital dan menjadi platform yang bahkan bisa menyerap tenaga kerja baru.

Ia yakin bahwa metaverse mampu menjadi kekuatan pendorong untuk menciptakan generasi baru bagi perusahaan dan menjadi pemimpin industri.

Menurut Coinmarketcap, metaverse adalah ruang virtual yang diciptakan sebagai versi digital dari berbagai aspek yang ada di dunia nyata, baik itu interaksi antara manusia maupun fungsi ekonomi.

Besarnya dominansi koin kripto, terlebih belakangan ini, membuat banyak pengembang aplikasi melihat metaverse sebagai peluang, termasuk Beeple.

John Herrman dari New York Times mengungkap bahwa Beeple tengah mengembangkan startup bernama Wenew, yang akan menjual NFT dalam bentuk momen-momen penting seseorang. Ia menyebutnya sebagai istana memori dari metaverse.

Arthur Madrid, CEO dan salah satu pendiri The Sandbox juga mengatakan bahwa teknologi blockchain dan cryptocurrency akan memainkan peran penting dalam pertumbuhan metaverse di masa depan.

Update & Revisi Konten : Desember 2021
Original Konten : Desember 2021 (www.oka.my.id)


thumbnail Title : Apa Itu Metaverse dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Posted by : www.oka.my.id
Rating Sites : 4,5
3,2

1,2M+
Review & Rating

1,6M+
Reader Active

1,2M+
User Likes

1,5M+
User Dislikes


6% — Review & Rating User Likes
24% — Review & Rating User Likes
90% — Review & Rating User Likes
50% — Review & Rating User Likes
30% — Review & Rating User Likes


Rating & Ulasan | 12 Terbaru

Harap dibaca dengan seksama! Pesan Tersemat

ID (IntanDeris) — Admin BRC
2,1M Black Rose Community (BRC)
11/01/2022 1,6K 2,8M
Semua Event akhir tahun 2021 dan Event awal tahun 2022 sudah berakhir, diharapkan jangan memberikan ulasan spam!! Terimakasih atas partisipasi dan antusiasnya mengikuti semua event, untuk yang menggunakan banyak akun, penggandaan akun dan/atau menggunakan cara curang lainnya, tidak dapat ikut berpartisipasi mengikuti event mendatang.
Apakah ulasan ini membantu? Tidak Ya

1,5M Balasan 1,9M Share Read More!!

Ulasan ini otomatis dibuat! Tersemat

Oka Deris — Web Developer
1,4M Black Rose Community (BRC)
11/01/2022 753 1,3M
Untuk sementara waktu, tidak dapat memberikan rating maupun ulasan, di karenakan terlalu banyaknya spamer!semua ulasan yang masuk masih dalam tahap peninjauan. setelah lulus peninjauan akan secara otomatis terpublish dan/atau secara otomatis terhapus oleh sistem,"Jika terdeteksi spam".

Salam Hormat:
Oka Deris
(Pengelola Web Developer)
Berfokus pada Front-end, Back-end & Full-stack
BRC — Black Rose Community
Apakah ulasan ini membantu? Tidak Ya

1,2M Balasan 2M Share Read More!!

Yosep JR.
03/01/2022 584 2,9K
Thanks ya gan, untuk gaveaway tahun barunya, baru kasih ulasan skrng 😁, smga makin sukses ya bossqu, utk sarannya kurang2in iklan hahaha,, dan 1 lg sering2 update artikel terbaru soal faucet, mining gratisan 😂
Apakah ulasan ini membantu? Tidak Ya

904 Balasan 1,6K Share Read More!!

Queen Be 🐝
07/01/2022 16K 96K
Mantap sih, bermanfaat situsnya, cma maaf tak kasih 1 🌟 karena ngeselin stiap klik apapun ngebuka tab baru terus 😲😲, saran: "perbanyak konten baru aja", yg lawas² gax usah lg di update jg gpp ya 😊
Apakah ulasan ini membantu? Tidak Ya

207K Balasan 390K Share Read More!!

Oka Deris — Author
08/01/2022 2K 1,2M
Thank you to all of you who have provided reviews and ratings, all input, whether good or not, is very valuable to me 🙂, if there are complaints, suggestions and further input, please contact via email.
Apakah ulasan ini membantu? Tidak Ya

1,4M Balasan 1,5M Share Read More!!

Dwi Anggita
04/01/2022 108K 705K
Mf aq kasih 3 ⭐⭐⭐, utk hadiah akhir tahun & giveaway tahun barunya makasih banyak 😊🙏, saran perbaiki lg terutama dlm segi tampilan dan jngan pake auto refresh, lg asik² baca blm brs udh ke-refresh otomatis, jd nya harus ngulang² bacanya!!!!!
Apakah ulasan ini membantu? Tidak Ya

9,5K Balasan 4,3K Share Read More!!

Pemburu Cuan Gratisan!!
01/01/2022 2,6K 7K
Kepaksa gw ksh 4 bintang, soalnya ada sedikit kecewa, hadiah natal, akhir tahun dan hadiah happy new year nya ga sesuai, udah ribet2 bikin banyak akun, ehh dapatnya diluar ekspektasi ☹️, utk saran sih perbanyak konten baru aja, update situs² gratisan 😅😅
Apakah ulasan ini membantu? Tidak Ya

672 Balasan 10K Share Read More!!

Sarah
09/01/2022 1,6K 807K
Maaf klo boleh tau ini situs apa ya? Dalam bbrpa hari ini, udh 1 pekan teman" ku sllu share link situs ini entah via WhatsApp maupun telegram 🙄 katanya dapat hadiah, hadiah apa ya? Dan gmna cara dapatnya?
Apakah ulasan ini membantu? Tidak Ya

509K Balasan 89K Share Read More!!

Nindy
10/01/2022 90K 997K
Sekarang udah makin menarik ya situsnya 😊 cuma kapan update lg? Udh beberapa hari bolak balik ke sini belum jga ada update, saran nya sih kalau bisa sehari maksimal 5 postingan, minimal 2 apa 1 jadi biar pembaca stiap harinya dapat informasi baru seputar kripto (mining, faucet, trader, dll).
Apakah ulasan ini membantu? Tidak Ya

865K Balasan 101K Share Read More!!

FF Gaming
09/01/2022 109K 96K
Tolong adakan lg event dong gan, hadiahnya skin FF dan diamond ML dan FF 😂 makasih banyak utk hadiah event tahun barunya, biarpun cma dapat pulsa sama saldo BTC senilai 250K, Oya request dong update lg situs² gratisan kripto ✌️
Apakah ulasan ini membantu? Tidak Ya

886K Balasan 765K Share Read More!!

Herlina
09/01/2022 503K 989K
Ulasanku sebelumnya kok di hps ya? Apa emng gak di tampilkan? Udh 4x sama yg ini tp gak ada punya aku 🙄 melanggarkah? Dianggap spam apa gmna? Cma bilang kapan form BRC nya di buka lg?dan makasih utk gift event Natal sma tahun barunya kmrin 🤗, moga lbh banyak rejekinya ya dan di adakan lg event ataupun gaveaway 😉
Apakah ulasan ini membantu? Tidak Ya

976 Balasan 877K Share Read More!!

Anggita Dwie Oktarani
10/01/2022 16K 987K
3 Bintang aja dulu ya, nanti klo udh ada updatean terbaru, di tambah lg bintangnya jd full 5 hehehe,utk hadiah happy new year nya mksh banyak 🙏 klo bisa adakan lg misi² yg bisa dpt hadiah 😁😄 dan update artkel soal invest or trader ya 😊 makasihhh
Apakah ulasan ini membantu? Tidak Ya

840K Balasan 150K Share Read More!!


Author

author

Syarat & Ketentuan (S&K)

Selamat datang di situs mata uang kripto (cryptocurrency), sebuah situs yang mengulas tentang berbagai hal kripto, inflasi, financial, investasi, trading, mining, panduan dan sejarah maupun exchange (pertukaran) segala jenis mata uang kripto.

Situs ini berdiri sejak 2016 yang semula www.oka23.com karena terkendala mengenai teknis tempat penyimpanan file database, server maupun hosting, yang akhirnya berubah dan berganti nama menjadi Cryptocurrency - (CC) dengan link www.oka.my.id dan sesegera mungkin akan melakukan revisi maupun update secara berkala!!

Dikarenakan sebagian besar konten tidak dapat terselamatkan, oleh karena itu akan dilakukan upgrade konten secara update, dan di larang keras untuk mencopi paste semua konten yang ada disini, selain izin ataupun menyertakan link sumber aslinya dari situs ini.

Dan jika ada hal-hal di luar tanggung jawab saya A/N (Oka Deris) selaku pemilik situs www.oka.my.id, saya tidak bertanggung jawab, dan jika ada masukkan, keluhan maupun pertanyaan lebih lanjut bisa hubungi saya Via E-mail

Untuk Pembaca www.oka.my.id — Cryptocurrency (CC) yang memiliki rezeki lebih dan ingin berbagi, bisa kirim via PayPal dengan mengklik Bayar dengan PayPal atau mengklik tombol Kartu Debit atau Kredit, Lebih mudah akses via Link paypal.me/okadrs lalu pilih Kirim, Terimakasih!!


Article Popular

Rekomendasi 2 Kripto yang Bisa Mendatangkan Untung Besar Bagi Investor Pemula!!

Aplikasi Doge Network Penghasil Crypto di Jamin Cuan Free Mining Doge Coins!!

Mengenali Lebih Lanjut Apa Itu Pintu?